Kamis, 20 Oktober 2011

Recycle Mizone Bottle 2 (Lampion dari Botol Mizone)

Yang menarik dari botol mizone (sekali lagi bukan iklan lho !), menurut saya adalah warnanya yang biru tua. Kayaknya bagus untuk lampion. Hingga kepikiran untuk membuat lampion, gara-gara banyak potongan botol ini (bagian atas botol) pada waktu membuat wadah-wadah untuk kancing, yaitu di Recycle Mizone Bottle 1.
Sebelumnya saya pernah membuat lampion dari botol-botol pulpy orange (ini juga bukan iklan ya !), tapi karena belahannya menjadi 6 bagian (mengikuti alur dari botol itu sendiri), hasilnya kurang memuaskan. Kata suami saya, kalau ingin hasilnya menjadi bundar, harus 5 bagian yang dibelah bukan 6 bagian. Wah, bagaimana ya caranya ?.....Soalnya kalau lingkaran botol dibagi 5, supaya hasilnya sama, sulit membaginya !
Alhamdulillah ya !.....sesuatu (??).....Akhirnya ditemukan trik bagaimana cara membuat 5 belahan pada lingkaran botol mizone dengan ukuran yang sama , yaitu dengan pertolongan si botol pulpy orange (weiiis......ternyata oke juga nih botol !!).

Pada postingan sebelumnya, Recycle Mizone Bottle 1, ada 18 botol mizone yang diperlukan, berarti ada 18 bekas potongan bagian atas botol ini. Nah, untuk lampion ini, yang diperlukan memang adalah bagian atas dari botol ini, hanya jumlahnya tidak sebanyak itu.
Untuk lebih jelasnya, yuk.. kita lihat apa saja bahan yang diperlukan dan cara membuat lampion ini !...

* Pertama, 12 potongan botol mizone bagian atas.

* 2 buah tutup botol mizone
* 1 butir manik-manik
* Hiasan/rumbai untuk gantungan
dan benang kasur
* Alat yang digunakan : Cutter, gunting, stapler dan alat (biasanya untuk melubangi manik-manik yang tertutup lubangnya) untuk melubangi tutup botol atau bisa juga digunakan seam ripper/dedelan, atau apapun yang bisa untuk melubangi tutup botol ini.

* Botol pulpy orange (si penolong !) yang dipotong seperti image di atas sebagai penunjang pembuatan lampion (perhatikan keterangan yang ada di bagian atas).

Cara membagi dan menggunting bagian botol mizone ini, yaitu dengan memasukkannya ke dalam potongan botol pulpy orange. Lalu gunting sejajar dengan lekukan botol (lihat tanda panah !). Gunting sebelahnya dengan jarak melewati 2 lengkungan ( lengkungan kulit jeruk), jangan lupa harus sejajar dengan lekukan, dan terus lakukan seperti ini untuk sebelahnya lagi hingga menjadi 5 bagian/belahan.

Menggunting bagian ini, sampai batas lekukan seperti di atas.
Lakukan hal yang sama untuk ke-12 potongan botol mizone.

Tekuk/lipat ke-5 bagian yang digunting/dibelah ini ke luar, bila perlu lipatannya sambil ditekan-tekan agar posisinya stabil.

Setelah semuanya ditekuk, akan seperti 'kelopak bunga' yang mekar.
Dan kini kita mempunyai 12 'bunga' plastik yang sedang mekar !

Gabungkan satu kelopak 'bunga' ke-1 dengan satu kelopak 'bunga' yang ke-2. Like this !

Lalu stapler di kedua sisinya. Ambil 'bunga' yang ke-3, lalu gabungkan satu kelopak 'bunga' ini dengan satu kelopak yang lain dari 'bunga' ke-1 (bingung ya ?!...). Pokoknya kelima kelopak dari 'bunga' ke-1 ini akan dikelilingi oleh kelopak-kelopak 'bunga' yang lain ( 5 'bunga'). Jadi semuanya akan ada 6 'bunga' yang digabung.

Ya, seperti ini jadinya (setengah bundar). Tapi kita harus membuat yang sama satu lagi, agar menjadi bundar.

Setelah keduanya digabungkan, lihat........jadi bundar 'kan ?!....
Dan lampion sudah jadi.

Eit, tapi belum selesai !.....Lubangi dulu kedua tutup botol di tengah-tengah, jangan terlalu besar, paling tidak benang kasur bisa dimasukkan ke lubang ini.

Ikat cincin yang ada di hiasan/rumbai dengan benang kasur, sisa ikatan benang dimasukkan ke dalam lubang salah satu tutup botol .

Simpul dua kali atau lebih, agar benang tidak bisa keluar/lepas.

Masukkan 1 lembar benang kasur, kira-kira 25 cm atau tergantung kebutuhan ke lubang tutup botol yang kedua, lalu ujung benang di bagian dalam tutup ini dimasukkan ke lubang manik-manik. Simpul benang dua kali.

Pasangkan tutup botol tadi ke salah satu mulut botol lampion yang sudah jadi. Sedangkan tutup botol yang ada rumbainya dipasang di bagian bawah lampion.

Sekarang lampion sudah lengkap, dan anda dapat menggantungnya di manapun anda suka. Akan lebih sempurna lagi jika lampion ini diberi lampu kecil di dalamnya, wah.....romantiiis !!

26 komentar:

  1. kreatif banget mbak ... bagus ...

    BalasHapus
  2. trima kasih mbak Hany, telah berkunjung ke bilik hobiku !...

    BalasHapus
  3. Ibu kreatif...apapun bisa menjadi barang berguna ya bu....
    Pernah membuat bunga dari plastik botol bekas? sepertinya bagus juga....
    Salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali....terima kasih.
      Belum pernah sih membuat bunga dari botol plastik, mungkin mbak pernah membuat ?.....kalau pernah, share ya !.....

      Hapus
  4. kreasi yang bagus mba Ati. saya salut sama mba Ati, terus berkarya ya mbak :) ini sangat membantu tugas kami ber-6. terimakasih banyak mbak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...
      waah, saya senang ini bisa membantu tugas kalian, selamat mencoba ya semoga tugas ini mendapat nilai yang bagus !!

      Hapus
  5. keeereen buk ^_^

    BalasHapus
  6. hahahaha mantap buk,...
    kayaknya mudah dapat nilai nie,..

    BalasHapus
  7. keren banget tutorialnya mbak, kreatip...! ijin sharing linknya ya di Indonesia CraftyBlog thank you ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mba Ayu, mudah-mudahan bermanfaat :)

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  9. salut mba ati....mau usul dong.bikinin tutorial pasang lampu didalam lampionnya...biar keliatan lebih cantik.trims

    BalasHapus
  10. nymbungginnya pkek apa mb', lem ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyambunginnya distapler pak !....thanks

      Hapus
    2. klo mau masukin lampunya gmn yah mba.....thanks

      Hapus
    3. ass itu kalo mau masukin lampunya gmn yah bu ? thx :)

      Hapus
  11. salam kenal dan ijin berbagi kata bijak "Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself."Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri." :)

    BalasHapus
  12. ok banget mbk, kreatif abis, izin meniru ya mbak.

    BalasHapus
  13. Loh mbak,, gimana cara masuki lampunya ya.. ?

    BalasHapus
  14. Amazibg buk. Izin meniru membuatnya y buk.

    BalasHapus

Silakan tulis kritik, saran dan opini kalian - saya akan senang membacanya...