Rabu, 11 April 2012

Laci-Laci Mungil dari Kotak+Kaleng Susu

Karena suka membuat puding leci (favorit anak-anak) dengan menggunakan susu kental manis, bekas kalengnya tentu saja banyak....sayang kalau dibuang ya, hehe...
Jadi untuk mengurangi penumpukkan kaleng di lemari bilik hobiku,
saya gunakan kaleng-kaleng ini sebagai 'rumah' laci-laci mungil,
kebetulan anak gadisku membutuhkannya.
Nah kali ini, saya ingin berbagi bagaimana cara membuatnya....ayo kita lihat !
Bahan utama yang diperlukan adalah :
Kotak susu bubuk 2-3 buah dan kaleng susu kental manis 3 buah atau tergantung kebutuhan.
Sedangkan bahan yang lainnya adalah kertas kado (2 macam motif), lem dan doubletape.
Alat-alat yang digunakan : mistar, gunting, cutter, bolpoin dan bolpoin kosong (untuk menggarisi karton agar mudah dilipat).

1. Buka sambungan dari kotak susu, lalu buat kotak dengan ukuran 5x5x7,5 cm :
2. Potong karton menurut ukuran di bawah ini. Agar rapi dan mudah dilipat, tekan karton dengan bolpoin kosong mengikuti garis-garis yang
  telah diukur tadi (kurang lebih 3x). Lalu gunting pada bagian-bagian yang diperlukan.
3. Beri doubletape/lem pada bagian tertentu pada karton, lalu rekatkan ke sebelahnya sehingga membentuk kotak/laci seperti no 4. Buat laci 2 buah lagi.
 
5. Buat karton bundar (3 buah) dengan ukuran lingkaran kaleng, lalu gunting.
6. Beri lem pada salah satu permukaan karton.
7. Tempelkan pada kertas kado.
8. Setelah kering lemnya, rapikan dengan gunting sisa kertas kadonya. Lakukan hal yang sama pada 
karton bundar yang lainnya.
      Sementara itu gunting kertas kado dengan ukuran 7,5x18 cm 3 buah (untuk bagian luar laci), sedangkan untuk bagian dalam laci (motif berbeda) ukurannya 14x16,5 cm yang digunting seperti gambar di atas sebelah kanan.

 9. Beri lem di seluruh permukaan bagian luar laci. Eit.... tunggu dulu, hanya bagian dasar
dan kedua sisi panjangnya saja ya.
 10. Tempelkan kertas kadonya (ukuran 7,5x18 cm).
Lipat-lipat kertas kado untuk bagian dalam laci seperti gambar di bawah.
11. Tempelkan ke dalam lacinya.
12. Permukaan bagian depan laci diberi lem.
13 & 14. Tempelkan pada bagian belakang karton bundar (no.8) tepat di tengah-tengah.
a. Siapkan potongan karton ukuran 1x6cm 3 buah (untuk handle laci) dan kertas kado dengan ukuran 2,5x7,5cm 3 buah.
Lipat kedua ujung karton masing-masing selebar 1cm.
 b. Tempelkan kertas kadonya (jangan lupa gunting ke-4 sudut kertas ini) pada handle seperti gambar dengan lem.
c. Setelah kering, lekukkan handle dengan bantuan bolpoin.Diamkan sebentar sambil dipegang agar stabil.
d. Lipat lagi kedua ujung handle ini (lihat gambar !).
15. Tempelkan handle dengan lem.
16. Bungkus dinding kaleng dengan kertas kado ukuran 7,5x24cm dengan menggunakan doubletape
(cukup di ke-2 bagian lebar/tinggi kertas kadonya saja yang diberi doubletape).
17&18. Karena waktu kaleng ditempelkan dengan kaleng yang lain terdapat celah, sehingga tidak akan menempel satu sama lain, maka saya tambahkan ganjelan karton yang dibungkus kertas kado sepanjang tinggi kaleng (lihat no.18).
19&20. Nah, setelah diberi ganjelan maka 'mereka' saling menempel deh...tidak mau dipisahkan lagi, hihi !!
Sekarang masukkan laci-laci yang sudah jadi tadi ke 'rumah' masing-masing .....
ayoo, silahkan masuuk !!......
taraaa.....this is it, mini draws from......aah, kepanjangan hehe...
 


'Rumah-rumah' laci ini dari kaleng bekas corned..

Dan ini 'rumah' dari sisa potongan bagian tengah botol maizone pada pembuatan Recycle Maizone Bottle 1
sedangkan laci-lacinya dari kotak pasta gigi.

40 komentar:

  1. Assalamualaikum....
    wuih...mba Ati kreatif sekali, lucu buanget sih itu kotak-kotaknya....saya suka dan ingin bikin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsallam....
      trimakasih mbak...ayo bikin, pasti lebih kreatif ! :)

      Hapus
  2. idenya bagus mbak, saya tiru buat di kamar saya boleh ya... gak buat komersil kok ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mbak Yuanita...
      silahkan...kalau ada yang berminat, buat komersil juga gak apa-apa kok :D

      Hapus
  3. hai mbak ati, nice tutos!! terimakasih juga atas perhatian mbak atas kotak komentar di blogku, moga2 sekarang sdh bisa berfungsi dg baik. *_*

    BalasHapus
  4. Setiap kali main ke blog mbak Ati selalu saja ada ilmu yang ditularkan lewat tutorial, makaih banyak sudah berbagi ya mbak. Bagus dan rapi sekali pengerjaannya mbak, saya salut! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mbak Hany, saya senang bisa berbagi apa yang saya bisa...
      dan mudah-mudahan dengan recycling ini setidaknya bisa mengurangi sampah walaupun hanya sedikiiit...sekali :D

      Hapus
  5. waaah....mbak Ati memang kreatif bener...suka dengan idenya deh...btw mbk Ati punya kertas kado yang bagus linen n polkadot...di daerah saya kok jarang ada ya yang jual motif seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak Maidah...
      Kertas kado ini saya beli di depan rumah alm.ibu mertua saya, ini juga tinggal satu warna (polkadot), jadi saya beli aja, takut kehabisan...hehe !

      Hapus
  6. Wah mbakk ini keren banget...tx ya mbak

    BalasHapus
  7. Wah Mbak Ati kreatif sekali. Aku pengen coba juga deh kapan-kapan. Thanks ya Mba Ati.

    BalasHapus
  8. Wah, suka banget sama ide kreatifnya mba Ati .. jadi pengen buat2 juga^^

    BalasHapus
  9. assalamualaikum...salam kenal ya mba ati :) keren hasilnya....sy punya banyak kaleng bekas susu anak sy...boleh ya sy coba buat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam....salam kenal juga :) trimakasih...

      Hapus
  10. selamat siang.. salam kenal blogwalking.. : )

    BalasHapus
  11. wah lucu banget pengen deh segera bikin :x
    salam kenal mbak mampir yah ke blog aq (http://annionbutik.blogspot.com)

    BalasHapus
  12. @ safan & annion butik, salam kenal juga....

    BalasHapus
  13. Mba.. salam kenal,, kreatif banget... mba saya minta follownya ya.. terimaksih.. salam blogger nyubi..

    BalasHapus
  14. salam kenal mba...sblm liat blog ini saya prnh buat laci jg dari kardus bekas,laci2 ini saya buat krn keterpaksaan soalnya saya merantau k daerah dan itu tdk terlalu lama hanya 5 bln,makanya saya buat lemari dan laci tsbt dgn tujuan saat saya pulang k kmpng hlmn, saya bs buang saja lemari tsb tanpa hrs pusing memikirkan mau d ksh siapa nantinya.stlh baca blog ini,saya jd tambah ilmu lg,kalau bagian dlm nya bs d bungkus dgn krts kado jg,jd terlihat rapi dan lbh cantik...makasih ya udh mau bagi2 ide kreatifnya.

    BalasHapus
  15. Keren banget mba.. Idenya bagus banget

    BalasHapus
  16. waaah idenya mantap, ibu ati... mksh

    BalasHapus
  17. Salam kenal ya mba...
    Waahh mba kreatif bgt ya lacix lucu n cantik...
    Boleh mnt ide ga mba kl bs sih skalian di ksih tau cara bikinx..he he..
    Gini mba aq pux bnyk bgt kaleng panfik itu loh isolasi bening tp wadahx kaleng..aq bingung nie mau di bkin apa ya kan syg kl di buang..
    Thank's bgt mba kl mau bantu

    Dewi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga....
      oya mbak Dira, saya belum tahu atau baru dengar (mungkin saya kuper ya ?!...hehe) kaleng panfik yang mbak maksud. Jadi maaf saya tidak bisa membantu, atau mungkin mbak bisa mengirim foto kaleng itu ke e-mail saya, barangkali saya bisa membantu.
      Makasih sudah mampir ya...

      e-mail saya : atirusnandi@gmail.com

      Hapus
  18. mba salam kenal... oiya kertas kadonya beli dimana? aku lagi nyari yg motif garis sama polka, kalo ada yg online shop / kalo bisa nitip di mba :D ...hehehehehehehe... help . makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Yanita.....kertas kadonya saya beli di dekat rumah ibu mertua, tapi karena toko buku ini banyak pelanggannya, jadi tiap saya ke sana pasti ada motif baru dan yang lama pasti suka habis. Tapi jangan khawatir, coba Yanita berkunjung ke toko online ini:http://www.papyrusindonesia.com/content/view/5/48/

      Hapus
  19. aaiii, cantik2 nya,. good job mbak. izin copy yaa.. :)

    BalasHapus
  20. Itu berarti laci-lacinya bisa dilepas dari kalengnya ya'-' terimakasih infonya;;)

    BalasHapus
  21. trimakasih ya mb' buat info2nya

    BalasHapus
  22. so creative and beautiful ..i like and i will try it. :)

    BalasHapus
  23. Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com/.

    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock!
    Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
    Ready Stock!
    Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock!
    Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
    Ready Stock!
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000

    BalasHapus
  24. kereeeeeeennnnnnn,,,, suka bnget mbak sm kreativitasnya

    BalasHapus
  25. terimakasih mba atas infonya berkat itu saya jadi punya ide untuk menjual barang kerajinan yg unik agar menambah penghasilan keluarga

    BalasHapus
  26. boleh jiplak ya? buat anak sy...

    BalasHapus
  27. suangat bagus ide dan karya anda...
    saya senang dengan kreatifnya cara anda...
    boleh ditiru kah anda??anda tdk marah??
    untung-untung ide ini dapat dipakai agar dapat mengurangi sampah kaleng.....

    BalasHapus
  28. jadi pengen buat :D
    thx ya buat artikelnya

    BalasHapus

Silakan tulis kritik, saran dan opini sahabat - saya akan senang membacanya...dan terimakasih atas kunjungannya.